Perawatan Centrifuge
November 3, 2017
Apa perbedaan antara sodium dan garam?
November 16, 2017

Kromatografi gas (GC)

Kromatografi gas (GC) adalah jenis umum dari kromatografi yang digunakan dalam kimia analitik untuk memisahkan dan menganalisis senyawa yang dapat menguap tanpa dekomposisi. GC dapat digunakan untuk pengujian kemurnian zat tertentu, atau memisahkan komponen yang berbeda dari campuran (jumlah relatif komponen tersebut juga dapat ditentukan). GC dapat digunakan dalam mengidentifikasi suatu senyawa.

Pada prinsipnya pemisahan dalam GC adalah berdasarkan oleh perbedaan dalam kemampuan distribusi analit diantara fase gerak dan fase diam di dalam kolom pada kecepatan dan waktu yang berbeda ( perbedaan volaritas suatu senyawa).

Bagian-bagian GC

Gas pembawa (carrier gas) : gas pembawa atau yang sering kita sebut Fasa gerak dalam kromatografi gas digunakan untuk membawa solute ke dalam kolom. Gas-gas yang sering dipakai adalah : helium, argon, nitrogen, karbon dioksida dan hidrogen. Gas helium dan argon sangat baik, tidak mudah terbakar, tetapi sangat mahal. H2 mudah terbakar, sehingga harus berhati-hati dalam pemakaiannya. Kadang-kadang digunakan juga CO2.

Tempat injeksi sampel (injector port) Fungsi dari tempat injeksi adalah untuk mengantarkan sampel ke dalam aliran gas pembawa. Penginjekan sampel dapat dilakukan secara manual atau secara otomatis (yang dapat menyesuaikan jumlah sampel).

Kolom Kolom merupakan tempat terjadinya proses pemisahan karena di dalamnya terdapat fase diam. Oleh karena itu, kolom merupakan komponen sentral pada GC.Ada 3 jenis kolom pada GC yaitu kolom kemas (packing column) dan kolom kapiler (capillary column); dan kolom preparative (preparative column).

Detektor pendeteksi komponen-komponen yang telah dipisahkan dari kolom secara terus-menerus, cepat, dan akurat.
Merupakan suatu gawai yang menunjukan dan mengukur banyaknya komponen yang terpisah dalam gas pembawa. Suhu detector harus panas agar cuplikan tak mengembun . Pelebaran puncak dan menghilangnya puncak komponen merupakan ciri khas terjadinya pengembunan

Seluruh detector ditutup dalam oven yang lebih panas disbanding dengan temperature kolom. Hal itu menghentikan kondensasi dalam detector (pada FID)

Recorder alat fungsinya alat untuk mencetak hasil perrcobaan pada sebuah kertas yang hasilnya disebut kromatogram (kumpulan puncak grafik).

Aplikasi Kromatografi gas biasanya digunakan dalam menganalisis pestisida dalam air,tanah, maupun tanaman, analisis kadar etanol dan methanol dalam bioethanol, analisisis gas gas rumah kaca dan banyak aplikasi lainnya.

Admin Maja Bintang
Admin Maja Bintang

PT. Maja Bintang Indonesia Have Great Product (Agent / Distributor / Supplier for) Gbc Scientific (AAS, UVVIS, ICP OES, ICP TOF MS, XRD, HPLC, Rheometer) SGE (Syringe/Liquid Handling, Consumable HPLC, Consumable GC) Photron (Lamp for Aas Lamp for Spectrometer, Graphite Tube) Sineo (Microwave Digestion, Microwave Syntetis Hot Block Digester) Evoqua (Labostar, Ultraclear, Protegra, Diionizer) BWB Technology (BWB Flame Photometer) Horiba Scientific (Raman Spectroscopy, XRF, Fluoroscence Spectrometer, Sulfur in Oil Analyzer) Centurion (Pro Analytical Centrifuge, Pro Astm Centrifuge) Ewai (Gc Gcms Hplc, Ic) Proton Onsite (Zero Air, Nitrogen Generator Hydrogen Generator) Iul Instrument (Sample Preparation, Innoculation, Coloni Counter, Slide Staining, Air Sampling) Aijiren (Vial) Microlit (Micropippet, Bottle Top Dispenser Eburet) Fiochetti (Refrigerators, Freezers, Ice Makers, Mortuary) Transintrument (Ph Meter, Conductivity) Fungilab (Rotational Viscometer, Kinematic Viscometer) Ovan (Thermostated Bath, Sonic Bath, Hot Plate, Incubator, Shaker, Furnace, Oven, Refrigerated Bath, Floculator, Magnetic Stirrer, Freezer Refrigerator) Bel Engineering (Balance, Moisture, Optical Instrument) Snol (Furnace) Product.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *